Pantai Mawun, Lombok, Indonesia 101 WORDS OF TRAVEL

Pantai Mawun, Lombok, Indonesia  101 WORDS OF TRAVEL

Pariwisata di Indonesia merupakan sektor ekonomi penting di Indonesia. Pada tahun 2009, pariwisata menempati urutan ketiga dalam hal penerimaan devisa sesudah komoditas minyak dan gas bumi serta minyak kelapa sawit. Menurut data tahun 2016, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia sebesar 11.525.963 juta lebih atau tumbuh sebesar 10,79% dibandingi tahun sebelumnya.

Indonesia Lombok Pantai beach Selong Belanak

Indonesia  Lombok  Pantai beach Selong Belanak

Kekayaan alam dan budaya ialah bagian penting dalam pariwisata di Indonesia. Alam Indonesia mempunyai kombinasi iklim tropis, 17.508 pulau yang 6.000 di antaranya tak dihuni, serta garis pantai terpanjang ketiga di dunia setelah Kanada dan Uni Eropa. Indonesia juga yakni negara kepulauan terbesar dan berpenduduk terbanyak di dunia. Pantai-pantai di Bali, tempat menyelam di Bunaken, Gunung Rinjani di Lombok, dan beragam taman nasional di Sumatera merupakan teladan tujuan liburan alam di Indonesia. Tempat-tempat tamasya itu didukung dengan warisan budaya yang kaya yang mencerminkan sejarah dan keberagaman etnis Indonesia yang dinamis dengan 719 bahasa tempat yang dituturkan di seluruh kepulauan hal yang demikian. Candi Prambanan dan Borobudur, Toraja, Yogyakarta, Minangkabau, dan Bali yaitu figur tujuan wisata kebiasaan di Indonesia. Hingga 2010, terdapat 7 lokasi di Indonesia yang telah ditentukan oleh UNESCO yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia. Sementara itu, empat wakil lain juga diatur UNESCO dalam Daftar Representatif Kebiasaan Takbenda Warisan Manusia yaitu wayang, keris, batik dan angklung.

Cominica Land: Matras Beach / Pantai Matras Bangka, Indonesia

Cominica Land: Matras Beach / Pantai Matras Bangka, Indonesia

Pantai merupakan sebuah format geografis yang terdiri dari pasir, dan terdapat di daerah pesisir laut. Daerah pantai menjadi batas antara daratan dan perairan laut. Panjang garis pantai ini diukur mengeliling segala pantai yang merupakan daerah teritorial suatu negara.Menurut pembetulan PBB tahun 2008, Indonesia adalah negara berpantai terpanjang keempat di dunia sesudah Amerika Serikat (AS), Kanada dan Rusia. Panjang garis pantai Indonesia tercatat sebesar 95.181 km.

Pantai Lombang ,Indonesia. Nakarasido Hita

Pantai Lombang ,Indonesia.  Nakarasido Hita

Garis pantai adalah batas pertemuan antara komponen laut dan daratan pada dikala terjadi air laut pasang tertinggi. Garis laut dapat berubah sebab adanya erosi, merupakan abrasi pantai oleh hantaman gelombang laut yang menyebabkan berkurangnya areal daratan.Ada sebagian langkah penting yang bisa dilaksanakan dalam mengamankan garis pantai seperti pemecah gelombang dan pengembangan vegetasi di pantai.Untuk memecahkan erosi/penggerusan garis pantai dari gelombang/ombak bisa digunakan pemecah gelombang yang berfungsi untuk memantulkan kembali daya gelombang. Bermacam-macam sistem yang dicapai untuk memecahkan gelombang di antaranya dengan menerapkan tumpukan tetrapod yang terbuat dari beton pada jarak tertentu dari garis pantai.Hutan bakau bisa menolong mengatasi gelombang serta sekalian bermanfaat untuk kehidupan hewan serta daerah berkembang biak ikan-ikan tertentu. Hutan bakau disebagian besar pantai Utara sudah hilang sebab ulah manusia, yang pada gilirannya akan menggerus pantai.Terumbu karang juga adalah pemecah gelombang alami, sehingga amat perlu untuk dilestarikan dan dioptimalkan dalam mempertahankan garis pantai.

Sambilangan beach Pantai Sambilangan

Sambilangan beach  Pantai Sambilangan



Comments

Popular posts from this blog

Beach of Pantai Beras Basah, Indonesia by fighteden on